Makaroni panggang

makaroni panggang 1makaroni panggang 2Gejolak masaknya sedang kumat, makanya buat-buat camilan lagi. Kali ini membuat makaroni panggang. Sebelumnya kalau buat makaroni panggang pakai yang kecil kecil ukuran pastanya. Tapi sekarang coba yang jenis elbow ini (kalau gak salah ya jenisnya elbow namanya, CMIIW ) . Rasanya aku lebih suka jenis ini, lebih enak dan padat saja menurutku. Akbar juga suka sekali camilan ini, karena rasanya juga gurih. Dia habis hampir 5 cup lebih😀, asyik gendut anakku. Resepnya yang aku pakai sekarang, pakai resep perasaan saja alias ilmu kira- kira hehhee. 1 siung bawang putih, seperempat bawang bombay cincang semua, trus tumis. Setelah tumisan harum masukkan wortel yang sudah dipotong dadu kecil, kacang polong ,tumis sampai matang. Kalau sudah matang masukkan makaroni yang sudah direbus. Tuang air sedikit, tuang susu cair juga pakai kira-kira secukupnya. Tumis sampai matang semua. Beri parutan keju secukupnya. Kalau sudah matang, masukkan kedalam cup alumunium foil, panggang, beri taburan keju dulu. Panggang sampai matang. Enjoy it with your family.

Pulau merah a.k.a Red island

IMG_3707IMG_3696IMG_3702IMG_3697

Liburan kemana akhir tahun kemarin? Kalo kita cukup pulang kampung aja deh ke banyuwangi. Jalan-jalan ke pulau merah yang namanya mulai tersohor itu.  Pulau merah terletak di kecamtan pesanggaran, ditempuh kurleb 2 jam an dari rumahku di rogojampi. Mulai terkenal karena ada tambang emas disitu. Oh ya ada guest house juga lho disitu.Kenapa namanya pulau merah mungkin katanya warna tuh gunung kecil kemerahan, tapi gak tuh. Ah jalannya juga  berkelok-kelok, susah ngapalinnya. Sinyal hp yang diterima cuma Telkomsel saja. Ya udin gak pakai google map but sukses nyampai karena ada penunjuk arah juga yang lupa-lupa ingat. Sekarang masuk ke pulau marah bayar lho. Padahal sebelumnya baca postingan temen, sebelum pantai ini tersoroh gak ada ditarik bayar apapun juga. Bawa mobil bayar, eh orangnya juga ikut bayar lho, hadeh…. Moga kedepannya lagi ni orangnya gak usah ikutan bayar. Panas banget pas kesitu, jadi kita sewa payung, sejam idr 20.000, kita pakai 3 jam duduk santai ala bule🙂.  Anak-anak juga lumayan senang , karena bisa main pasir pantai, mandi air laut, beli grayakan alias kerang apa tuh nama bhs indonesianya. Ya pokoknya semua seneng🙂. Liburan murmer hehehe….

Lumpia spring roll

lumpia spring roll

Membuatnya mudah banget, asal gak males aja ya…

Bahan: kulit spring siap pakai ( di supermarket banyak)

Bahan isi: wortel, ptong kotak-kotak kecil

kentang , potong kotak kecil

Telur rebus

Daging ayam atau sapi cingncang

Bawang putih cincang, garam, lada halus

Cara membuat: Bahan isi ; tumis bawang putih, masukkan wortel, kentang, daging ayam /sapi cincang. Masak sampai layyu. Tambahkan garam, lada. Cicipi sesuai selera masing2.

Ambil kulit spring roll ,isi dengan bahan isi, lipat . Goreng sampai matang. Jadi deh 🙂, cocol pakai saos tomat atau makan sama cebe ijo,enak semua.

Sate sapi bumbu bali

sate sapi bumbu baliSate sapi bumbu bali [sumber: booklet saji ]

Bahan:

300 gram daging sapi has dalam ,dipotong-potong

3 batang daun jeruk, dibuang tulangnya

2 batang serai, diambil putihnya, memarkan

1 1/4 sdt garam

1/2 sdt merica bubuk

1 sdt gula merah sisir

1 sdm air asam ( dari 1 sendok makan asam jawa dan 2 sendok makan air )

300 ml air

2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus:

8 butir bawang merah

4 siung bawang putih

4 buah cabe besar

3 buah cabe merah keriting

3 butir kemiri,disangrai

1/2 sdt terasi goreng

2 cm jahe

1 buah tomat

Cara membuat:

1, Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun jeruk dan serai sampai harum. Tambahkan daging, aduk sampai berubah warna.

2. Masukkan air,garam, merica bubuk, gula merah. Masak sampai meresap. Tambahkan air asam. Aduk rata.

3. Tusuk- tusuk daging di tusakan sate. Bakar sampai matang.

Buffalo chicken wings

buffalo chicken wingsKembali posting lagi, mumpung libur. Happy eid adha everyone. Lagi malas merangkai kata, dapet resep dari blog temen. Patut dicoba lho🙂.

Buffalo chicken wings

Bahan:
500 gr sayap ayam (sekitar 5-6 buah lalu potong jadi 2)
minyak goreng untuk menggoreng ayam secukupnya saja

bumbu perendam ayam:
jeruk nipis, garam, merica, bawang putih cincang, jahe (saya ga pake cos lg ga punya stok)

saus siram:
1 buah bawang putih cincang halus
8 sdm saus tomat
2 sdm kecap manis
2 sdm saos tiram
3 sdm margarin or mentega/butter untuk menumis
garam, merica, gula pasir kira-kira aj sesuai selera diicipin yaaa

cara membuatnya:
1.  Rendam sayap ayam dengan bumbu perendam, simpan dikulkas kira-kira 1 jam.  Saya simpan hampir 2 jam( resep temen dia nyimpen sampai 4 jam ), saya rendam siang dan baru diolah untuk makan malam.

2. Goreng ayam sampai kecoklatan jgn terlalu kering yaaa. Angkat tiriskan
3. Panaskan mentega tumis bawang putih sampai harum, masukan saus tomat, kecap dan saos tiram aduk rata. Masukkan garam, merica, gula pasir cicipi rasanya kalo sudah pas masukkan ayam yang sudah digoreng aduk cepat lalu matikan api dan siap dihidangkan. gampang cepet dan laris deh.

Selamat mencoba.