Daun kesimbukan

daun kesimbukan

daun kesimbukan


ini adalah gambar daun kesimbukan,biasanya dibuat botok. Tumbuhan ini merambat, bagaimana tumbuhnya saya juga kurang paham tiba- tiba saja tumbuh di dekat rumah. Mungkin agak susah ya kalo melihat sepintas saja,supaya tambah yakin kalo itu daun kesimbukan sobek aja daunnya dan cium aromanya. Menurutku aromanya hampir mirip kayak kentut😉, soalnya kalo abis makan botok kesimbukan dan selanjutnya buang angin baunya gak enak😀. Gak tau ya kalo di daerah lain namanya apa? Tapi di Banyuwangi disebut kesimbukan. Enak banget dibuat botok apalagi kalo dicampur dengan tempe yang dikukus. Nah ini nih gambar botok kesimbukannya campur tempe kukus dan kelapa parut juga,enak lho rasanya apalagi kalo dimakan dengan nasi hangat. IMG_0006

6 thoughts on “Daun kesimbukan

  1. Suwarto berkata:

    Saya mencari informasi tentang daun kesimbukan ternyata ketemu disini. Di tempat saya di Tarakan daunnya kok tidak begitu ya. Gambar yang dimuat disini kok melebar hampir seperti daun sirih, sedang yang tumbuh disamping rumah saya agak meruncing. Baunya sama, seperti itu tuh …. Tapi mau minta istri bikin botok dari daun itu masih ragu-ragu.

    Omong-omong saya tertarik juga dengan Banyuwanginya. Emang mbak Atika ini dari Banyuwangi?. Saya juga dari sini walau sekarang di Kalimantan. Keluarga saya ada di Penataban, Sumbersari, Semalang, Maron (Genteng), di Kalibaru juga ada.

    Sekian dulu ya mbak, terima kasih infonya. Syukur kalau mau kirim botok ke alamat saya, he he he ….

    • Daunnya kecil kok pak, mungkin efek photo kali ya. Saya asli Banyuwangi pak, Rogojampi, tapi saat ini saya tinggal di Pulau Bali. Buat aja botoknya pak, apalagi kalo ada tempe semangitnya, tambah enak pak ^_^

  2. atik berkata:

    daun kesimbukan bukan’y jamu tuch bu … biasa klo org jawa hbs melahirkan
    suka bikin jamu sendiri yg di tumbuk ,,, salah satu’y daun kesimbukan itu

    • kalo di banyuwangi daun kesimbukan dibuat botok bu, enak lho. Mungkin daun luntas kali ya yang dibuat jamu. Mungkin jawa daerah lain kali bu, heheheehhe..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s