Brokus Coklat

Nyobain brokus nih aku, enak, nyoklat, kali ini pake resepnya SAJI Variasi Brownies Kukus.

Brownies Kukus Ekonomis
sumber Variasi Brownies Kukus
—————————–

Bahan :
50 gr margarin
50 gr coklat masak pekat, dipotong-potong
4 butir telur
100 gr gula pasir
1 sdt SP
60 gr tepung terigu protein sedang
20 gr coklat bubuk
1/2 sdt baking powder
1 sdm air
1/4 sdt garam
40 gr meises untuk taburan

Cara membuat :
1. Panaskan margarin. Matikan api. Tambahkan potongan coklat masak pekat. Aduk sampai coklat larut. Sisihkan.
2. Kocok telur, gila pasir, dan SP sampai mengembang.
3. Tambahkan tepung terigu, coklat bubuk, dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata.
4. Masukkan campuran margarin, air dan garam sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
5. Tuang setengah bagian ke loyang 24x10x7 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti. Kukus 10 menit dengan api sedang.
6. Tabur meises. Kukus 5 menit. Tuang sisa adonan. Kukus lagi 20 menit sampai matang.
7. Keluarkan dari loyang. Dinginkan diatas rak.

Tip :
Jangan menabur meises samapi kepunggung kue agar coklat tidak mengalir ke samping kue dan membuat brownies basah.

Iklan

Cake Pisang Kopi

Ikut memeriahkan Banana Week ahhhh. Mumpung ada sisa pisang ambon dirumah, cari-cari resep di tabloid masak akhirnya aku pilih cake pisang kopi aja deh. Bahan-bahannya sudah tersedia di rumah, jadi gak perlu pergi ke TBK lagi. Buatnya mudah kok… yuk dicoba resepnya ya….

Cake Pisang Kopi

Sumber : Tabloid Saji edisi 95
—————————–

Bahan :
5 butir telur
100 gr gula pasir
1 sdt emulsifier
125 gr tepung terigu protein sedang
50 gr pisang ambon, haluskan
50 gr margarin, lelehkan
1 sdm air kopi ( dari 1 sdt kopi instan dan 1 sdm air panas )

Cara Membuat :
1. Kocok telur, gula pasir dan emulsifier sampai mengembang.
2. Tambahkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata.
3. Masukkan pisang ambon yang sudah dihaluskan, margarin leleh, air kopi, sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan ( aku tambahin potongan pisang diatas adonan cakenya :D).
4. Tuang dicetakan muffin besar yang dioles margarin ( aku gak punya 😀 jadi kutaruh diloyang bulat diameter 20 cm tinggi 7 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti).
5. Oven 20 menit dengan suhu 190 derajat celcius.

Kayak gini nih kurang lebih hasil jadinya :D.

Cake Tape

Ada sisa tape dirumah, jadilah cake tape ala tika. Ukuran gram tapenya gak sesuai resep sih :D, sisa tape cuma ada 130gr sedangkan di resep mintanya 200 gr. Hajar aja hehhehee. Hasilnya ya lumayan, walaupun gak berasa tape tetep enak kok.

Rendang

Rendang, i love rendang. Apalagi saya suka ma bumbunya, enakkk aja gitu ma bumbunya. Walau banyak orang bilang masakan Indonesia banyak bumbu, berempah, tetep saya suka masak masakan ini. Entah dibilang ribet ato apalah yang penting makan enak :D. Kalo masak rendang tuh harus sabar nunggu bumbu meresap ke daging hingga air santan berkurang, pokoknya i love indonesian food.
Ini hasil jepretan suamiku, wahhhh kacau ternyata hasilnya. Belajar Food Photography masih gak karuan, padahal pake camera yang canon seri D yang zoome diputer-puter gak karuan :D. Harap maklum penonton. Resep pake punya NCC, so browsing aja ke webnya, ada di list teman-temanku.

Cup Cake Kukus Spekuk

Habis ubek-ubek resep dari Tabloid Saji yang aku jilid ( gak kerasa udh kujilid dari tahun 2006-2009 ) lumayan banyakkkkkk, my precious one :). Coba resep cup cake kukus ini, soalnya gampang sih.

Nih resepnya ………

Cup Cake Kukus Spekuk
sumber : Tabloid Saji edisi 77

Bahan:
4 butir telur
125 gr gula pasir
75 gr tepung terigu protein sedang
25 gr coklat bubuk
15 gr tepung maizena
1 sdt bumbu spekuk
2 sdm susu cair
50 gr margarin, lelehkan
1 sdt coklat pasta
25 gr kenari, dipotong panjang untuk taburan

Cara Membuat :
1. Kocok telur dan gula sampai mengembang.
2. Tambahkan tepung terigu, coklat bubuk, tepung maizena, dan bumbu spekuk sambil diayak dan diaduk rata.
3. Masukkan campuran susu cair, margarin leleh, dan coklat pasta sambil diaduk perlahan.
4. Tuang kedalam cetakan oval / loyang cup cake yang dialas cup kertas. Tabur kenari. Kukus 10 menit sampai matang.

Jadinya cuma dikit sih, aku buat cuma jadi 9 buah saja :D.

Kurang lebih kayak gini nih hasilnya………