Klepon

Coba-coba buat yang tradisional, kupilih klepon aja karena masih ada sisa tepung ketan di rumah. Tapi percobaan hampir gatot, adonane jd encer bukannya kalis hehhehehe…. Gak habis akal dirumah cuma ada tepung beras ( tepung ketan no stok lagi, kanji juga gak ada ), yo wes pake itu aja ditambahin ke adonan sampe kalis. Akhirnya kalis juga, hasil jadi pas mateng rasanya jadi kenyel-kenyel gitu heheeee….. Yang penting jadi aja deh😀

Kayak gini nih jadinya, kurang rapi but rasanya ok bangetsss.

Resep Klepon
Sumber : Sedap Pemula th 2006
Bahan :
250 gr tepung ketan
1/4 sdt garam
180 ml air hangat
25 ml air daun suji ( dari 20 lembar daun suji + 3 lembar daun pandan ), aku pake pasta pandan saja😀
1/2 sdt air kapur sirih , aku gak pake di bali susyahh cari
2 tetes pewarna hijau tua

Bahan isi :
75 gr gula merah sisir halus

Bahan taburan :
150 gr kelapa muda parut kasar
1/4 sdt teh garam
2 lembar daun pandan

Cara membuat :
1. Kukus bahan taburan 10 menit sampai matang, sisihkan.
2. Aduk rata tepung ketan, garam, air hangat, air daun suji, air kapur sirih, dan pewarna hijau tua sambil diuleni sampai kalis.
3. Ambil sedikit adonan. Beri isi. Bulatkan.
4. Didihkan air. Rebus bola-bola ketan sampai terapung. Angkat.
5. Gulingkan dalam kelapa parut kukus.

One thought on “Klepon

  1. Klepon? Andalan saya dulu … waktu masih bisnis kue basah… karena pelanggan banyak orang Bali yg maniak jajan tradisonal!

    Pohon pandan wangi & suji di rumah sampe gundul, dipetikin terus tiap hari. kalo gak pandan asli, rasa kleponnya kurang nendang!

    Duh…jadi kangen klepon…

    Tapi gara2 bisnis kue basah, badan jadi melar. Alhamdulillah, sekarang udah langsing lagi…🙂

    Pohon suji di rumah pun kini kembali subur menghijau, gak pernah dipetikin lagi sih!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s