Elpiji oh Elpiji

Sedikit informasi mengenai tabung gas Elpiji, semoga bermanfaat ya.

Sumber : Milis NCC, lindawati (linlin08@yahoo.com )

Waspadalah bila anda mencium bau gas di dapur anda. Tak perlu panik,
hampiri tabung gas, lebaskan regulator, bawa tabung ke luar. Periksa
apakah tabung mengeluarkan desis dari mana saja. Bila iya, biarkan
tabung ditempat terbuka sampai gasnya habis. Jangan biarkan ada yang
mendekat. Bila tak terdengar desis, tabung anda baik-baik saja.
Mungkin ada yang lupa mematikan kompor, padahal api kompornya padam
karena sesuatu sebab. Buka pintu dan jendela dapur. Biarkan sampai
bau hilang, jangan menyalakan atau mematikan lampu atau apapun yang
ada di dapur sampai bau hilang.

Semua berita mengenai ledakan tabung Elpiji tidak ada yang
mengkonfirmasi ditemukan tabung yang pecah atau sobek karena isinya
meledak. Tak cukup alasan bagi tabung Elpiji untuk meledak. Jutaan
tabung dilempar-lempar, dipanggang terik matahari, semua siksaan ini
dapat ditahan oleh baja dan lasan tabung, sekalipun tabung tidak
ber-SNI karena bikinan Cina (tapi berlogo Pertamina).

Jadi, menurut hemat penulis, tabung tak akan meledak pada suhu
normal (tekanan sekitar 7 atmosfir) karena tabung dirancang tahan
sampai 28 atmosfir Kemungkinan besar, Elpiji bocor dengan deras dari
tabung, melalui celah antara katup tabung dan regulator, lantaran
sekatnya tidak melaksanakan tugas seperti seharusnya. Gambar-2
menunjukkan sekat dimaksud, yakni cincin yang terbuat dari karet,
berwarna hitam.
.

Mekanisme pemasangan regulator untuk tabung 3 dan 12 kg adalah tipe
clip-on. Gambar-3 adalah diagram yang memperlihatkan mekanisme
penahan regulator dan pembuka katup, regulator pada posisi OFF.

menunjukkan posisi regulator ON. Pengait menahan regulator tetap
ditempat, plunger menekan katup sehingga membuka, mengalirkan uap
Elpiji ke dalam regulator.

Ilustrasi pemasangannya pada tabung

Perhatikan bahwa hanya ada satu pengait, sehingga regulator dapat
bergoyang-goyang bila tersentuh. Demikian pula, hanya ada satu
penyekat antara regulator dengan katup. Cincin penyekat itu.Tabung,
katup, regulator, dan selang bukanlah penyumbang utama dalam musibah
Elpiji di tanah air. Benda-benda ini dipakai juga di banyak negara
tanpa menimbulkan masalah berarti. Regulator tipe clip-on adalah
favorit karena kemudahannya dalam memasang dan melepaskannya.
Tekanan yang masuk ke regulator adalah tekanan penuh dari Elpiji. Di
negri kita berkisar antara 5 sampai 7 atmosfir, tergantung campuran
elpijinya dan suhu ruang. Tekanan ini cukup besar, kira-kira sama
dengan tekanan kompressor tambal ban di pinggir jalan.

Tekanan sebesar ini sepenuhnya harus ditahan oleh cincin sekat hitam
yang ditunjukkan pada Gambar-2. Inilah tempat kebocoran utama yang
dapat membuat ruangan menjadi eksplosif. Inilah sambungan yang
paling rawan, dan bocor atau tidak ditentukan oleh kualitas cincin
penyekat (seal) ini. Tentu saja bila mulut katup pada tabung penyok
atau cuil berat bagian tengahnya, seal sebaik apapun tak dapat menyekat.

Masih ada dua sambungan lagi yang juga diributkan, yakni sambungan
antara regulator dengan selang, dan diujung selang lainnya, yaitu
sambungan antara selang dengan kompor. Kedua sambungan ini tidak
menanggung beban berat, karena tekanan dalam selang, yaitu tekanan
keluaran dari regulator, sangat rendah. Tekanannya cuma sekitar 30
milibar (1,03 atmosfir). Tekanan sebesar ini tidak dapat keluar dari
lubang yang dibuat dengan tusukan jarum pada selang. Seandainyapun
keluar, jumlahnya tak akan cukup untuk membuat ruangan menjadi
eksplosif, karena gas lebih cepat menyebar dibandingkan dengan
pasokan dari kebocoran disini.

Selain itu regulator juga memiliki kapasitas, yang membatasi aliran
gas yang keluar. Kapasitas umum regulator clip-on adalah 2 kilogram
per jam. Gas bocor sebanyak 2 kg dalam dapur dengan ukuran sedang
dapat meledak bila terpicu bunga api dari saklar lampu yang
dinyalakan atau dimatikan.

Jadi kalau selang putus, dan tak diketahui selama sejam, bahaya
mengancam.

Kebocoran pada seal yang tidak baik mutunya bisa lebih dari 2 kg per
jam.

Bagaimana kebocoran pada kompor, misalnya karena lupa tidak
mematikan katup kompor padahal kompor tidak menyala? Kepala kompor
yang normal kapasitasnya mungkin seperempat kilogram per jam. Dapur
bisa berbahaya bila ada satu kepala kompor yang tidak ditutup dalam
waktu semalam.

Sebagai langkah pengamanan, Elpiji untuk konsumsi masyarakat harus
diberi bau dengan kadar minimal 25 mililiter per ton Elpiji. Pembau
yang digunakan adalah ethyl-mercaptan, senyawa hidrokarbon dengan
belerang, baunya seperti durian atau telur busuk, tergantung siapa
yang menciumnya. Ini zat tak berwarna dengan keenceran seperti
bensin premium, dan cair dalam suhu dan tekanan ruang. Oleh karena
itu ia harus dilarutkan dengan baik dalam Elpiji, agar bila elpiji
bocor, dia juga keluar dan memberikan peringatan kepada yang
menciumnya. Baunya kini dikenal sebagai bau gas.

Jadi masalahnya saya kira bukan tabung, regulator, selang atau
kompor . Tapi penyekat karet kecil itu dan kadar pembau dalam Elpiji.

Masa Kadaluwarsa Tabung LPG

Tahukah anda jika TABUNG nya gas elpiji ada masa kadaluwarsa- nya ?
Jika anda beli gas, harap diperiksa lebih dahulu, kapan TABUNG
tersebut berakhir masa pakainya.

Penulisan kadaluwarsa berupa “ALFA CODE”. Contoh: ” A 09 ”
A = Januari – Maret
B = April – Juni
C = Juli – September
D = Oktober – Desember
maka A 09 adalah : Jan- Mart tahun 2009

Sebarkan pengetahuan ini , barangkali anda bisa menyelamatkan
seseorang. Ini penting karena gas yg sdh kadaluwarsa bisa berbahaya.
Jangan main2 pentinggggg. Thanks untuk yang mau mengerti.

Bolu kukus tiga rasa

Walaupun masih males-males dikit untuk posting blog, teteppp harus posting dong. Supaya tidak bertumpuk yang akan mengakibatkan jari-jari saya pegel ngetik :). Nyobain resep dari putih telur, setelah ubek-ubek buku resep akhirnya nemu juga ‘Bolu Kukus tiga rasa ‘. Aku sebenernya gak begitu ngerti kayak gimana hasilnya kue dari putih telur itu. Setelah coba kok rasa atau tekstur kue dari putih telur ini agak membal-mem,bal gitu ya, apa ya bilangnya? Pokoknya gak moist, lembut seperti brownies kukus atau kayak chiffon cake. Uhh bingung deh, apa aku yang salah kocok, udah putih lho adonannya pas ngocok.

Kayak gini nih resepnya

Bolu Kukus Tiga Rasa
sumber : Buklet Tabloid Saji

Bahan :
300 gr putih telur
1/4 sdt garam
1/2 sdm SP
150 gr gula pasir halus/gula castor
75 gr santan kental instan
150 gr tepung terigu segitiga biru
20 gr susu bubuk
1/2 sdt Baking powder
1/8 sdt esens pandan
2 tetes pewarna hijau
1/4 sdt coklat pasta
1/8 sdt esens vanila
2 tetes pewarna merah muda

Cara Membuat :
1. Koco putih telur, garam dan SP sampai setengah mengembang. Masukkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok dengan kecepatan tinggi sampai mengembang.
2. Tambahkan santan kental instan. Kocok rata. Maukkan tepung terigu, susu bubuk, dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata.
3. Ambil 1/3 bagian adonan. Masukkan esens pandan dan pewarna hijau. Aduk rata ( adonan 1 ). Tuang di loyang bulat diameter 20cm tinggi 7cm yang dialas kertas roti tanpa dioles margarin. Kukus 5 menit di atas api sedang.
4. Ambil 1/3 adonan. Tambahkan coklat pasta ( adonan 2 ). Aduk perlahan Tuang di atas lapisan 1. Kukus 5 menit di atas api sedang.
5. Tambahkan pewarna merah muda pada sisa adonan dan esens vanilla ( adonan 3 ). Aduk perlahan. Tuang di atas lapisan 2. Kukus lagi 10 menit sampai matang.

Lapis Surabaya

Pengen bangen buat lapis surabaya sendiri, karena selama ini ngerasain buatan orang. Yah itung-itung belajar juga, biar tambah pinter buat cake dasar. Resepnya pake punya NCC yang 10 kuning telur itu. Alhamdulilah jadi dan enak, nempelin yang coklat ma kuning pake blueberry paletta. Abis ngerasain aku kok ngerasa agak puyeng gitu ya, gak cocok nih pake cake yang banyak kuning telur kayaknya. Untung ada teman-teman, jadi tuh kue aku bagi2. Laris deh…. Maklum anakku yang gede gak suka banget nyemil cake malah dia ini kok suka makan adonan cake mentah kebalik, beda ma yang no.2 yang hobi banget nyemil.

Gabin ragout ayam

Suamiku suka banget snack ini, jadi dia request ‘ bisa buat gak ma ‘ , ‘ehm bisa dong pak ‘. Pagi belanja-belanja bahan. Trus sore hari buat deh snack ini, pertama tumis dulu isiannya . Kelar buat nih snack abis maghrib. Enak, sehat juga tentunya ada wortel , ayam, ma kentang, trus digoreng di minyak berkualitas ( maaf gak mau goreng di minyak curah ). Ayokk dipesen ya, cuma @Rp.2500 aja kok minimum 12 biji ya :).

Prol tape keju

Nyobain resep prol tape keju, alhamdulilah jadi rasanya enak. Dan alhamdulilah lagi ada yang mo pesen.

Yuk pesen ke aku ya teman-teman. Prol tape keju hanya Rp 40.000 ukuran 30×10. Promo….promo…. 🙂