Bolu kukus tiga rasa

Walaupun masih males-males dikit untuk posting blog, teteppp harus posting dong. Supaya tidak bertumpuk yang akan mengakibatkan jari-jari saya pegel ngetik🙂. Nyobain resep dari putih telur, setelah ubek-ubek buku resep akhirnya nemu juga ‘Bolu Kukus tiga rasa ‘. Aku sebenernya gak begitu ngerti kayak gimana hasilnya kue dari putih telur itu. Setelah coba kok rasa atau tekstur kue dari putih telur ini agak membal-mem,bal gitu ya, apa ya bilangnya? Pokoknya gak moist, lembut seperti brownies kukus atau kayak chiffon cake. Uhh bingung deh, apa aku yang salah kocok, udah putih lho adonannya pas ngocok.

Kayak gini nih resepnya

Bolu Kukus Tiga Rasa
sumber : Buklet Tabloid Saji

Bahan :
300 gr putih telur
1/4 sdt garam
1/2 sdm SP
150 gr gula pasir halus/gula castor
75 gr santan kental instan
150 gr tepung terigu segitiga biru
20 gr susu bubuk
1/2 sdt Baking powder
1/8 sdt esens pandan
2 tetes pewarna hijau
1/4 sdt coklat pasta
1/8 sdt esens vanila
2 tetes pewarna merah muda

Cara Membuat :
1. Koco putih telur, garam dan SP sampai setengah mengembang. Masukkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok dengan kecepatan tinggi sampai mengembang.
2. Tambahkan santan kental instan. Kocok rata. Maukkan tepung terigu, susu bubuk, dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata.
3. Ambil 1/3 bagian adonan. Masukkan esens pandan dan pewarna hijau. Aduk rata ( adonan 1 ). Tuang di loyang bulat diameter 20cm tinggi 7cm yang dialas kertas roti tanpa dioles margarin. Kukus 5 menit di atas api sedang.
4. Ambil 1/3 adonan. Tambahkan coklat pasta ( adonan 2 ). Aduk perlahan Tuang di atas lapisan 1. Kukus 5 menit di atas api sedang.
5. Tambahkan pewarna merah muda pada sisa adonan dan esens vanilla ( adonan 3 ). Aduk perlahan. Tuang di atas lapisan 2. Kukus lagi 10 menit sampai matang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s