Donat kentang ( pesanan hany )

Sebenarnya aku maunya terima orderan seputar brownies kukus aja. Tapi temenku ada yang order donat kentang, ya aku terima aja. Lumayan biar tambah pinter buat donat hehehhe dan nambah uang belanja juga :). Kali ini aku buat donatnya metodenya agak beda dari sebelumnya. Aku pakai metode yang margarin dicairkan itu lho. Alhamdulilah sukses berat donat kentangnya padahal baru pertama kali mencoba metode ini. Hasil donatnya kayak gini nih, udah kubungkus plastik nih…

Toppingnya minta meises coklat, keju, gula donat dan coklat leleh saja. Hasilnya maknyuss dan uenakk…

Libur Jualan dulu

Teman-teman aku libur jualan kue dulu ya…

Bisa nerima orderan tapi cuma sebatas brownies kukus aja ya sampai tanggal 5 september.

Setelah tanggal 5 september dst gak tau sampai tanggal berapa, totally liburrrr.

Kalo udah buka lagi ntar aku umumin :D.

Dapurtika
Dalung-Badung-Bali

Tiramisu Ekonomis

Udah pernah makan tiramisu belum prennn….
Aku aja lupa-lupa ingat rasanya tiramisu yang original dengan keju mascarponenya kayak gimana :), abis maemnya pas jaman awal-awal kuliah dulu. Yang pasti rasanya yummy banget. Nah kebetulan aku coba membuat versi yang ekonomis. Karena kebetulan semua bahan dirumah ada jadi ya aku buat aja deh.

Walaupun ekonomis rasanya juga ok kok, gak kalah ma yang original dengan keju mascarpone.

**Maaf ya teman baru ini bisa sempat posting resepnya, belakangan aku blogging blue alias dilanda kemalasan. Semoga bermanfaat resepnya ya..

Tiramisu Ekonomis
Sumber : Tabloid Saji 2008

Bahan cake :
3 butir telur
60 gr gula pasir
1 sdt SP
75 gr tepung terigu protein sedang
30 gr margarin, dilelehkan

Bahan vla krim :
250 ml susu cair
20 gr gula pasir
50 gr keju cheddar parut
20 gr tepung maizena dan 2 sdm air, dilarutkan untuk pengental
50 gr krim bubuk
100 ml air es
1 sdt coklat bubuk untuk taburan

Bahan larutan kopi ( aduk rata ):
1/2 sdm kopi instan
100 ml air mendidih
1 sdm gula pasir

Bahan topping ( kocok ):
75 gr krim bubuk
150 ml air es

Cara Membuat :
1. Cake : kocok telur, gula pasir, SP sampai mengembang. Tambahkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata.
2. Masukkan margarin leleh sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan. Tuang di loyang 20x20x4cm ( aku pakai loyang bulat diameter 20cm) yang dialas margarin dan dialas kertas roti.
3. Oven 20 menit dengan suhu 190 derajat sampai matang.
4. Belah 2 cake .
5. Vla krim : kocok krim bubuk dan air es sampai mengembang. Dinginkan dalam lemari es.
6. Rebus susu cair dan gula pasir sambil diaduk sampai mendidih. Tambahkan keju cheddar parut. Aduk rata. Kentalkan dengan larutan tepung maizena. Masak sambil diaduk sampai meletup-letup. Matikan api.
7. Tuang sedikit-sedikit ke kocokan krim sambil dikocok perlahan.
8. Ambil selembar cake. Siram dengan larutan kopi.
9. Tuang vla krim diatas cake. Sekeliling cake sebaiknya di lapisi mika, supaya gak mbleber ntar vla krimnya. Tutup dengan cake yang lain. Siram dengan larutan kopi.
10. Semprot atasnya dengan krim. Bekukan. Sajikan dengan taburan coklat bubuk.

Selai Nastar Ekonomis

Selai nastar yang satu ini dapat resep dari ibuku. Rata-rata semua orang di desaku juga pakai resep seperti ini. Gak tau ya kalo daerah yang lain. Resep selai nastar yang satu ini dicampur ma pepaya mengkal ( pepaya setengah matang ). Hasilnya selai nastar berwarna agak kemerahan gitu. Walaupun ada campuran pepayanya rasanya juga ok lho, gak kalah ma nastar yang terbuat dari 100% nanas. Ayo dicoba deh untuk membuatnya. Aku aja yang newbie sukses membuatnya. Resep pakai feeling aja ya. Kalo ditakar2 gitu aku malah bingung ^^ hehheee.

Resepnya kayak gini nih :
2 buah nanas yang sudah dikupas kulitnya, parut.
1/4 bagian pepaya mengkal, parut.
gula pasir secukupnya
cengkeh secukupnya
1 batang kayu manis

Cara membuat :
1. Campur nanas dan pepaya yang sudah diparut di dalam wajan. Beri air sedikit saja.
2. Tuang gula pasir secukupnya, kayu manis, dan cengkeh.
3. Masak nanas dan pepaya sambil diaduk-aduk ,sampai airnya berkurang.
4. Walau airnya sudah berkurang, tetep masak terus sambil diaduk, sampai selai nya agak kering2 gitu. Ya pokoknya jangan sampai kering-kering banget alias selai nastarnya tidak lembek.
5. Selai nastar yang baik adalah yang kokoh dan tidak basah, sehingga adonanya bisa dibulat-bulatkan.

Hasilnya seperti ini deh 🙂

Browkus Kacang Hijau

Ada telp dari temen, bilang mo pesen kue. Agak ragu juga sih mo nerima, soalnya mendadak gitu. Aku kan newbie dalam bidang buat kue dan terima orderan, tapi kalo ditolak juga sayang. Akhirnya ngobrol diterusin lewat chatting, aku tawarin kue-kue yang pernah aku buat dan bisa aku kerjain untuk orderan dadakan kayak gini. Hmm entah mengapa nih tangan menulis Brownies kukus kacang hijau, padahal aku belum pernah buat sama sekali. Lha kok ndilalah dia mau order Browkus Kacang Hijau. Panic mode on :). Hmm tidak semudah yang aku bayangkan untuk membuat kacang hijau halus dan empuk sempurna.
Di resep hanya tertulis kacang hijau kupas cukup direndam 1 jam saja. Tapi kenyataannya kurang lama deh, setelah kutanya2 di milis tercinta. More than 1 hours sista dan kalo perlu ditambah minyak. Mungkin biar cepet empuk dan mekar gitu kali ya. Kacang ijo yang kurendem hasilnya ya mau mekar tapi ya itu waktu menghaluskan kurang halus alias ada yang masih menggrindil gitu. Jadi di adonannya ya ada sensasi grindilan kacang hijau. Untung hasilnya ok. Walaupun sempet panic gara-gara 1 loyang yang aku buat ketetesan air dari dandang. Hasilnya kuenya ya mbenyek dan gak mau mateng lah. Jadinya yang aslinya mo pesen 2 loyang, malah jadi 1,5 loyang saja. Huhhh capek dehhh nih dandang udah dialas serbet masih aja kurang serbetnya alias tembus airnya. Jadi buat aku malu di depan temanku.

Resep ‘Brownies Kukus kacang hijau ‘
Sumber : Variasi Brownies kukus by Saji

Bahan :
50 gr kacang hijau kupas, direndam 1 jam
100 ml santan dari 1/4 butir kelapa
50 gr gula pasir
1 lembar daun pandan
1/4 sdt garam
75 gr margarin
60 gr coklat masak putih, dipotong-potong
4 butir telur
100 gr gula pasir
1 sdt SP
70 gr tepung terigu protein sedang
10 gr susu bubuk
50 gr ceri hijau, dipotong kotak untuk taburan ( aku pakai ceri merah )

Cara membuat :
1. Kukus kacang hijau sampai mekar 15 menit. Masukkan santan, gula pasir, daun pandan, dan garam. Masak sambil diaduk sampai meletup-letup. Sisihkan.
2. Panaskan margarin. Matikan api. Tambahkan potongan coklat masak putih. Aduk sampai coklat larut. Sisihkan.
3. Kocok telur, gula pasir, dan SP sampai mengembang.
4. Tambahkan tepung terigu dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk rata. Masukkan kacang hijau. Aduk rata.
5. Masukkan campuran margarin sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
6. Bagi 2 adonan. Tuang satu bagian adonan di loyang 24x10x7cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti. Kukus 15 menit. Tabur ceri hijau.
7. Tuang sisa adonan. Kukus lagi 20 menit sampai matang.

Selamat mencoba ya teman-teman :).

Dadar gulung gula merah

Dadar gulung yang ini pesenan temenku. Isinya minta pake gula merah aja. Menurut dia aku buatnya terlalu kemanisan :D, ya lain kali aku kurangin deh gulanya. Rasanya enak, tapi kok kulitnya hampir mirip kayak kulit lumpia ya? Huhh buat kue tradisional itu bikin stress aja tau. Saya menggunakan resep yang ada di tabloid, padahal sebelumnya buat ma ibu pake resep tradisional gak pake takaran ini itu. Trus akhirnya aku telp ibuku, ‘ bu knp dadar gulungku kok kulitnya pecah? Ibu bilang tepungnya itu pake tepung beras dan tepung kanji, bukan terigu. Aku makin bingung deh dan mending nurut ibu saja deh ‘. Sepertinya yang membuat gagal juga karena adonan yang aku buat terlalu encer deh, jadinya kulitnya cepat sobek.
Jadi kalo buat dadar gulung menurut aku perhatikan hal-hal berikut :
1. Wajan teflon harus dalam keadaan mulus dan bagus, kalo ada goresan di wajannya bisa jadi sih bisa tapi ya itu adonannya agak nempel/lengket di wajan walaupun udah dioles minyak atau margarin.
2. Perhatikan resep benar2. Terus terang saya masih bingung dengan resep yang ada di tabloid, kenapa? karena orang2 di kampung saya adonannya pake tepung beras dan kanji, bukan tepung beras dan terigu. Saya masih nyari2 salah saya dimana heheheh :D.
3. Gunakan api kecil saja ya. Kalo aku, pada saat adonannya sudah jadi aku matiin kompor. Trus kalo mo naruh adonan lagi aku hidupin.
Kayak gini nih penampilan dadar gulungnya :D.

Resepnya kulitnya kayak gini nih :

Sumber Tabloid Saji
Bahan :
150 gr tepung beras
30 gr tepung terigu protein sedang
300 ml santan
50 ml air suji
1 butir telur
1/2 sdt garam
4 tetes pewarna hijau

Cara membuat :
1. Aduk rata bahan kulit. Buat dadar tipis di wajan dadar diameter 18 cm . Sisihkan.
2. Trus diberi isian deh :).

Donat Kentang

Donat kentangku kali ini buat yang keberapa ya? xixixii . Sebelumnya aku pernah coba buat donat kentang waktu pertama kali buat wow berhasil dan langsung ludes dan gak sempat kephoto. Trus nyoba buat lagi, duh yang ini gagal total. Diluar kelihatan mateng tapi di dalem msh mentah. Kepanasan deh kayaknya tuh donat. Tapi gak boleh nyerah dong. Kali ini buat lagi, dengan kekuatan tangan yang ada sampai capek, pegel tanganku banting adonannya. Tapi hasilnya cukup memuaskanku. Donat ku enak dan lembut :). Anakku juga doyan banget. Resep aku pakai NCC, jadi cari aja sendiri ya resepnya.