Dadar gulung gula merah

Dadar gulung yang ini pesenan temenku. Isinya minta pake gula merah aja. Menurut dia aku buatnya terlalu kemanisan😀, ya lain kali aku kurangin deh gulanya. Rasanya enak, tapi kok kulitnya hampir mirip kayak kulit lumpia ya? Huhh buat kue tradisional itu bikin stress aja tau. Saya menggunakan resep yang ada di tabloid, padahal sebelumnya buat ma ibu pake resep tradisional gak pake takaran ini itu. Trus akhirnya aku telp ibuku, ‘ bu knp dadar gulungku kok kulitnya pecah? Ibu bilang tepungnya itu pake tepung beras dan tepung kanji, bukan terigu. Aku makin bingung deh dan mending nurut ibu saja deh ‘. Sepertinya yang membuat gagal juga karena adonan yang aku buat terlalu encer deh, jadinya kulitnya cepat sobek.
Jadi kalo buat dadar gulung menurut aku perhatikan hal-hal berikut :
1. Wajan teflon harus dalam keadaan mulus dan bagus, kalo ada goresan di wajannya bisa jadi sih bisa tapi ya itu adonannya agak nempel/lengket di wajan walaupun udah dioles minyak atau margarin.
2. Perhatikan resep benar2. Terus terang saya masih bingung dengan resep yang ada di tabloid, kenapa? karena orang2 di kampung saya adonannya pake tepung beras dan kanji, bukan tepung beras dan terigu. Saya masih nyari2 salah saya dimana heheheh😀.
3. Gunakan api kecil saja ya. Kalo aku, pada saat adonannya sudah jadi aku matiin kompor. Trus kalo mo naruh adonan lagi aku hidupin.
Kayak gini nih penampilan dadar gulungnya😀.

Resepnya kulitnya kayak gini nih :

Sumber Tabloid Saji
Bahan :
150 gr tepung beras
30 gr tepung terigu protein sedang
300 ml santan
50 ml air suji
1 butir telur
1/2 sdt garam
4 tetes pewarna hijau

Cara membuat :
1. Aduk rata bahan kulit. Buat dadar tipis di wajan dadar diameter 18 cm . Sisihkan.
2. Trus diberi isian deh🙂.

Tinggalkan Balasan

