Selai Nastar Ekonomis

Selai nastar yang satu ini dapat resep dari ibuku. Rata-rata semua orang di desaku juga pakai resep seperti ini. Gak tau ya kalo daerah yang lain. Resep selai nastar yang satu ini dicampur ma pepaya mengkal ( pepaya setengah matang ). Hasilnya selai nastar berwarna agak kemerahan gitu. Walaupun ada campuran pepayanya rasanya juga ok lho, gak kalah ma nastar yang terbuat dari 100% nanas. Ayo dicoba deh untuk membuatnya. Aku aja yang newbie sukses membuatnya. Resep pakai feeling aja ya. Kalo ditakar2 gitu aku malah bingung ^^ hehheee.

Resepnya kayak gini nih :
2 buah nanas yang sudah dikupas kulitnya, parut.
1/4 bagian pepaya mengkal, parut.
gula pasir secukupnya
cengkeh secukupnya
1 batang kayu manis

Cara membuat :
1. Campur nanas dan pepaya yang sudah diparut di dalam wajan. Beri air sedikit saja.
2. Tuang gula pasir secukupnya, kayu manis, dan cengkeh.
3. Masak nanas dan pepaya sambil diaduk-aduk ,sampai airnya berkurang.
4. Walau airnya sudah berkurang, tetep masak terus sambil diaduk, sampai selai nya agak kering2 gitu. Ya pokoknya jangan sampai kering-kering banget alias selai nastarnya tidak lembek.
5. Selai nastar yang baik adalah yang kokoh dan tidak basah, sehingga adonanya bisa dibulat-bulatkan.

Hasilnya seperti ini deh🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s