Pizza Pedas

Kepingin banget belajar buat pizza sendiri, akhirnya kesampean juga. Pizza homemade buatan sendiri. Agak-agak parno masih tetep dengan hal-hal yang bersentuhan dengan ragi instan. Takut banget gagal!. Buat donat aja kadang kalo moodnya gak bagus, bisa jadi dodol donat😀. Resep pizza yang aku buat ini cukup mudah sih, aku dapat dari tabloid Saji ( seperti biasa ). Hasilnya memuaskan, enak lah. Jadi lebih pede untuk buat pizza yang lain yaitu pizza manis ( next projectku🙂 ).

Kenapa namanya Pizza pedas karena bahan-bahan yang dipakai hampir 90% indonesia plus pedas dari cabe. Sausnya aja homemade juga, tapi aku tambahkan pasta tomat. Isiannya aku modifikasi sedikit. Aku tambahkan jamur, yang seharusnya pakai daging cincang aku cukup pakai kornet saja.

Pizza Pedas ( Pizza Murah meriah *judulnya gitu sih di tabloid*)
sumber : Tabloid Saji

Bahan kulit pizza:
300 gr tepung terigu protein tinggi
200 gr tepung terigu protein sedang
10 gr gula pasir
1 bungkus ragi instan
250 gr air es
20 gr mentega putih
1 1/2 sdt garam

Bahan saus pizza pedas:
2 buah bawang bombay, dicincang halus ( aku pakai 1 saja )
4 siung bawang putih, dicincang halus
4 buah tomat, dibuang bijinya dan dicincang halus
4 buah cabe merah keriting, dicincang halus ( aku pakai 2 saja)
200 gr saus tomat ( aku tambahin pasta tomat juga )
4 sdm saus sambal
1 1/2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
2 sdt gula pasir
100 ml air
2 sdm minyak untuk menumis

Bahan topping:
200 gr daging dicincang kasar, ditumis sebentar ( aku pakai kornet )
200 gr sosis sapi,iris ( 4-5 biji )
4 buah cabai hijau besar,iris bulat dan dibuang bijinya (aku pakai paprika )
300 gr keju mozarella parut kasar ( aku gak pakai,kalo pakai lebih enakkk lho )

Cara membuat :
1. Saus: tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum. Masukkan tomat dan cabai merah keriting. Tumis sampai layu.
2. Masukkan saus tomat,saus sambal,garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata. Tuang air. Masak sampai kental.
3. Kulit : campur tepung terigu, gula pasir dan ragi instan. Aduk rata
4. masukkan air es sedikit-sedikit. Uleni sampai kalis. Masukkan mentega putih dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 1 jam.
5. Bagi adonan menjadi 4 bagian. Giling tipis adonan bentuk bulat.
6. Tusuk-tusuk adonan. Oleskan saus. Tabur topping.
7. Oven 15 menit dengan api bawah suhu 200 derajat celcius sampai matang.

hasil jadi 4 loyang

Tinggalkan Balasan

