Sedikit info penting tentang E kode

Ini secuil info yang aku dapat tentang E kode. Sempet heboh juga ya di FB tentang E kode ini, aku juga ikutan posting hehhehheh. Ternyata juga bikin resah teman-teman yang tinggal diluar negeri sana, yang tinggal di negara minoritas muslimnya. Nah salah satu teman FB saya mbak Ike kartika hermawan mencoba mencari informasi banyak mengenai E kode ini. Alhamdulilah dapat dan tentunya lega karena beliau tinggal di negara yang minoritas muslimnya. Aku juga perlu posting ini di blog, sapa tau bermanfaat ya, karena aku juga tinggal di pulau yang muslimnya minor. Aku juga sempet kaget lho karena aku lihat magnum ada kode E nya, padahal kan itu es krim enak :). Setelah baca-baca ini jadi lega. Alhamdulilah, gak mungkin dong label halal ditempel gitu aja di label Magnum :). Lega…lega…lega….

Sebagai perantau yang minoritas, maka kita dituntut untuk jeli mengetahui halal-haramnya bahan makanan yang hendak kita konsumsi. Namun, informasi ini berguna juga untuk sahabat-sahabat di Tanah Air, sebagai ikhtiar untuk mencerdaskan diri dalam mencerna sebuah berita tentang halal-haram suatu makanan. Hari ini baru aja nguping di Radio Pengajian tentang emulsifier khususnya jenis E472, Ustadz Nanung Danar Dono sebagai narasumber live dari Glasgow menyampaikan beberapa contekan tentang derivatif jenis-jenis emulsifier.

Klarifikasi E-number yang dituduh mengandung lemak babi:

E100 = curcumin (pewarna dan fitokimia dari kunyit)

E110 = pewarna sunset yellow (syubhat, karena bisa diekstrak dari bahan yang tidak halal)

E120 = cochineal/carminic acid (asam karminat), bisa saja haram kalau diekstrak dari bahan haram (sementara menurut Mazhab Hanafi, zat ini dikatagorikan haram)

E140 = klorofil (ini hanya ada di tanaman, aneh kalau pakai lemak)

E141 = senyawa komplek tembaga dari klorofil

E153 = arang kayu tanaman (sumber karbon hitam)

E 160 = caroteen, pewarna kuning, halal

E160 e = syubhat (tergantung apakah dilapisi gelatin atau tidak). Kalau dilapisi gelatin dari babi atau hewan yang tidak disembelih secara syar’i, haram

E210 = asam benzoat (asam organik yang dipakai sebagai pengawet, diekstrak dari tanaman)

E213 = kalsium benzoat

E214 = ethyl 4-hydroxybenzoate

E216 = propyl 4-hydroxybenzoate

E252 = potassium nitrate (KNO3), garam untuk pengawet (garam koq ditambahi lemak, jadinya terus apa nanti?)

E270 = asam laktat (asam organik yang dipakai utk pengawet)

E280 = asam propionat (asam organik yang dipakai utk pengawet)

E325 = sodium lactate (garam dari asam laktat)

E326 = potassium laktat

E327 = kalsium laktat

E334 = asam tartarat (syubhat; haram jika diolah dari khamr/wine)

E335 = sodium tartarat (syubhat; haram jika diolah dari khamr/wine)

E336 = potasium tartarat (syubhat; haram jika diolah dari khamr/wine), dikenal sebagai cream of tartar

E337 = potasium sodium tartarat (syubhat; haram jika diolah dari khamr/wine)

E422 = gliserol, senyawa turunan lemak. (Statusnya syubhat. Haram jika pakai lemak babi atau lemak hewan halal yg tidak disembelih secara syar’i. Kalau dari lemak tanaman, maka ia halal)

E440 = pektin (emulsifier dari tanaman)

E470 = garam natrium, potassium & kalsium dari asam lemak(Statusnya syubhat. Haram jika pakai lemak babi atau lemak hewan halal yang tidak disembelih secara syar’i. Kalau dari lemak tanaman, maka ia halal)

E471 = mono-dan diglycerides dari asam lemak (Statusnya syubhat. Haram jika pakai lemak babi atau lemak hewan halal yang tidak disembelih secara syar’i. Kalau dari lemak tanaman, maka ia halal)

E472 = ester dari mono-dan diglycerides dari asam lemak (Statusnya syubhat. Haram jika pakai lemak babi atau lemak hewan halal yang tidak disembelih secara syar’i. Kalau dari lemak tanaman, maka ia halal)

E473 = ester sukrosa dari asam lemak (Statusnya syubhat. Haram jika pakai lemak babi atau lemak hewan halal yg tidak disembelih secara syar’i. Kalau dari lemak tanaman, maka ia halal)

E474 = sukro-gliserida (Statusnya syubhat. Haram jika pakai lemak babi atau lemak hewan halal yg tidak disembelih secara syar’i. Kalau dari lemak tanaman, maka ia halal)

E475 s/d E478 = semua adalah turunan asam lemak (Statusnya syubhat. Haram jika pakai lemak babi atau lemak hewan halal yg tidak disembelih secara syar’i. Kalau dari lemak tanaman, maka ia halal)

E475 s/d E478 = semua adalah turunan asam lemak (Statusnya syubhat. Haram jika pakai lemak babi atau lemak hewan halal yg tdk disembelih secara syar’i. Kalau dari lemak tanaman, maka ia halal)

E621 = monosodium glutamat, syubhat (tergantung medianya)

E627 = sodium guanilat, halal (dari tumbuhan)

E631 = sodium inosinat, syubhat

Mungkin belum menjelaskan secara detil, tapi untuk saya pribadi, lumayan jelas untuk mengklasifikasi mana yang halal (secara dzati) meski tidak ada cap halal dari Majelis Ulama setempat. Sebelum menyebarkan sebuah berita, sebaiknya kita bertabayyun terlebih dahulu, use our sharpest intelligence, jangan mudah termakan rayuan “Incredible Hoax” 🙂

Iklan

Roti ala Pizza

Ini roti camilan untuk snack sore hari dirumah. Karena kebetulan suamiku lagi kerja dirumah aja, jadi kubuat camilan lah buat dia. Abis capek bener dia, towernya abis kena mas zeus terus :(. Kasihan dong alat-alatnya harus beli lagi. Rotinya langsung laris manis lho begitu keluar dari oven. Rotinya empuk , aku nyoba pake tepung K2 itu lho yang katanya mirip tepung komachi :).

Sumber resep dari tabloid Saji 🙂

Roti ala pizza

Bahan:
300 gr tepung terigu protein tinggi
30 gr gula pasir
1,5 sdt ragi instan
10 gr susu bubuk
1 butir telur
100 ml air es
50 gr margarin
1 sdt bawang putih bubuk

Bahan olesan ( aduk rata) :
1 kuning telur
2 sdm susu cair

Bahan topping :
50 gr saus tomat untuk olesan
50 gr sosis sapi, potong-potong untuk taburan
1 buah cabai merah besar, dibuang biji, dipotong kotak
1/4 buah bawang bombay, dipotong kotak
35 gr keju cheddar parut untuk taburan

Cara membuat :
1. Roti : campur tepung terigu, gula pasir, ragi instan, dan susu bubuk. Aduk rata. Tambahkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis.
2. Masukkan margarin dan bwang putih bubuk. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit. Kempiskan adonan.
3. Timbang masing-masing 40gr. Bulatkan . Diamkan 10 menit. Pipihkan. Gulung. Belah dua bagian atasnya tidak putus.
4. Diamkan 75 menit sampai mengembang. Oles dengan bahan olesan. Tabur dengan bahan topping.
5. Oven 12 menit dengan suhu 190 derajat celcius.

Untuk 14 buah

LBT #3 Butter cake

LBT #3 Tema Butter cake
Pilihanku jatuh pada Cake pandan kenari judul aslinya,sumber dari tabloid Saji. Aku modifikasi dikit…
Beberapa bahan ada yang aku ganti sesuai dengan apa yang ada di rumah ya 🙂

Cake Pandan Almond

Bahan :
200 gr margarin
175 gr gula pasir halus
4 butir telur
50 ml susu cair ( aku tadi ngasih lebih dikit susunya 🙂 )
2 tetes pewarna hijau ( pakai pasta pandan aku )
210 gr tepung terigu protein sedang
75 gr kacang almond, cincang kasar
25 gr kacang almond, untuk taburan

Cara membuat :
1. Kocok margarin dan gula pasir halus 7 menit sampai lembut.
2. Tambahkan telur satu persatu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok rata.
3. Masukkan sisa tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata bergantian dengan air suji dan pewarna hijau tua.
4. Tambahkan almond . Aduk rata
5. Tuang ke loyang 24x12x4 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti. Tabur almond.
6. Oven 40 menit dengan suhu 190 derajat celcius

Resep makanan untuk anak autis

Teman artikel ini aku dapat dari koleksi tabloid Saji saya. Aku repost disini siapa tahu bermanfaat ya.

Autisme adalah penyakit yang disebabkan kelainan syaraf yang antara lain mengakibatkan terlambatnya kemampuan komunikasi dan sosialiasi.
Anak yang menderita autisme seringkali mengalami hal berikut :
* Terlambat /sulit bicara
* Tidak mengerti /respon pada perkataan orang lain
* Tidak menoleh ketika dipanggil
* Tidak memberi perhatian kepada sekitar (orang, kejadian atau sesuatu)
* Menghindari kontak fisik
* Sering melakukan sesuatu yang berulang-ulang. Misal, berputar-putar, memukuli kepala, bertepuk tangan.
* Senang atau susah/marah tanpa sebab.

Anak-anak autisme biasanya memiliki banyak zat endorphine. Itu sebabnya mereka tahan terhadap rasa sakit karena zat ini menahan rasa sakit. Karena itu anak autisme disarankan tidak menyantap makanan berprotein, terutama gluten (tepung terigu ) dan kasein. Karena penderita tidak dapat mencerna keduanya dengan sempurna. Sementara gluten dan kasein yang tidak tercerna sempurna dapat berfungsi seperti endorphine.

Makanan yang baik untuk anak autisme adalah:
* Tidak mengandung gluten. Misal, beras, singkong, ubi, talas, jagung, tepung beras dan bihun. Hindari terigu, mie, roti, cake, pasta, havermut dan buskuit.
* Tidak mengandung kasein seperti daging dan ikan segar, unggas, telur, dan protein nabati seperi tahu dan tempe. Hindari, susu, keju, es krim, mentega dan yoghurt, makanan ini berkasein.
* TIdak mengandung food additive
* Banyak mengandung serat sepert sayur dan buah-buahan

Resep ( maaf ya gak ada photonya ) :
Kentang lapis daging giling
sumber : Tabloid Saji

bahan :
400 gr kentang kukus, dipotong bulat tebal 1/2cm
2 butir telur
1,5 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
3/4 sdt pala bubuk
1/2 sdt gula pasir
200 ml air kaldu ayam

Bahan isi:
1/2 buah bawang bombay, dicincang halus
100 gr daging giling
100 gr wortel dipotong kotak,direbus
50 gr buncis, dipotong bulat, direbus
1,5 sdt garam
3/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
1 batang daun bawang, diiris halus
1 sdm minyak untuk menumis

Cara membuat:
1. Isi: panaskan minyak. Tumis bawang bombay sampai harum. Tambahkan daging giling. Aduk sampai berubah warna
2. Masukkan wortel, buncis, garam, merica bubuk dan gula pasir. Masak sampai matang. Tambahkan daun bawang. Aduk rata. Angkat dan sisihkan
3. Tata sebagian kentang di dasar pinggan tahan panas sedikit menumpuk tanpa dioles margarin.
4. Tuang bahan isi. Tata lagi sisa kentang diatasnya menutupi bahan isi
5. Kocok lepas telur, garam,merica bubuk, pala bubuk dan gula pasir. Tuang air kaldu ayam sambil dikocok rata.
6. Tuang keatas kentang sampai teendam.
7. Letakkan di loyang yang diberi sedikit air. Oven 45 menit dengan suhu 170 derajat celcius sampai matang.

Untuk 5 porsi

Tongseng praktis

Resep tongseng praktis pertama kali aku lihat di detik food, dan langsung tertarik untuk buat. Karena kebetulan di rumah ada daging sapi. Hmm dari ngebayangin yang digambar aja udah bikin ngeces deh. Benar-benar praktis dan mudah lho, dijamin uenakkk deh. Suami saya dan anak-anak juga suka. Dijamin gak bakalan males buat tongseng deh karena praktis banget. Aku copy resepnya disini ya… Makyuss…. 🙂

Resep originally owned by Diah didi trus ditayangkan di detik food.

Bahan:
300 gram daging kambing/sapi,potong kecil
1 bungkus bumbu gule instan
750 ml air untuk merebus daging
500 ml santan encer
Bumbu tambahan untuk tongseng:
6 butir bawang merah, iris tipis, goreng
3 siung bawang putih, iris tipis
3 buah cabai rawit, iris kasar
100 g daun kol, iris kasar
1 batang daun bawang, iris kasar
1 buah tomat merah, iris kasar
1 sdt garam
1 sdt garam
3 sdm kecap manis

Cara Membuat :

* Rebus daging kambing dengan bumbu gule instan dan air.
* Masak sampai daging empuk dan kuah menyusut.
* Tambahkan santan encer, masak sampai mendidih.
* Masukkan bumbu tambahan dan sayuran kecuali cabai rawit dan tomat.
* Masak sampai sayuran layu, tambahkan bumbu jika ada yang kurang.
* Masukkan cabai rawit dan tomat. Aduk sebentar, angkat.
* Sajikan hangat dengan nasi putih.

Untuk 4 orang

Nasi uduk hijau

Nasi uduk hijau namanya karena berwarna hijau yang didapat dari air daun bayam. Rasanya enak, anak dan suamiku suka, love it. Emang rada ribet tapi kalo sudah jadi semua pada gak sabar makan deh, just do it kalo mau buat suatu makanan / kue yang ribet :).

Resepnya aku dapat dari booklet tabloid Saji

Bahan uduk :
250 gr beras
300 ml santan dari 1/2 butir kelapa
100 gr daun bayam dan 50 ml air,diblender, disaring ukur 100 ml
1/2 sdt garam
2 lembar daun salam
2 butir cengkeh
1 batang serai, diambil putihnya, memarkan
2 lembar daun pandan

Bahan Empal suiwr :
200 gr daging topside
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
1 batang serai, memarkan
1 cm jahe, memarkan
1 sendok makan kecap manis
400 ml air
100 ml santan dari 1/2 butir kelapa

Bumbu halus :
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 sendok teh ketumbar
3/4 sdt garam
1 sdm gula merah

Bahan sambal kacang :
100 gr kacang tanah, digoreng
2 buah cabe merah keriting, direbus
3 buah cabe rawit merah, direbus
2 siung bawang putih, direbus
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/4 sdt air jeruk limau
175 ml air panas

Bahan pelengkap :
2 butir telur,didadar, digulung
2 sdm bawang goreng untuk taburan

Cara membuat :
1. empal : rebus daging sapi bersama air, daun salam, daun jeruk, serai, dan jahe sampai 3/4 matang. Angkat dan potong-potong searah serat.
2. masak lagi daging dalam sisa air rebusan. Tambahkan bumbu halus dan kecap manis. Masak sampai matang. Angkat.
3. Suwir-suwir daging. Masak lagi bersama santan sampai meresap. tambahkan 2 sendok minyak. Masak sampai kecoklatan. Angkat dan sisihkan.
4. Nasi uduk : didihkan santan, air bayam, garam, daun salam, cengkeh, serai dan daun pandan. Tambahkan beras. Aduk sampai meresap.
5. Kukus beras 30 menit diatas api sedang sampai matang.
6. sambel kacang : haluskan sambel kacang kecuali air panas dan air jeruk limau. Angkat. Masukkan air panas dan jeruk limau. Aduk rata.
7. Sajikan nasi uduk dengan sambal kacang dan pelengkapnya.

*Note :Cara sesat masak ala aku :). Nasinya aku masukin aja ke magic com biar cepat mateng, jadi gak perlu 2x kerja :). Trus empalnya, aku rebus tuh sampai mateng. Bumbu halusnya aku tumis, tuang santan dan sedikit kaldu, masukkan daging empal yang sudah disuwir-suwir ( terserah mau disuwir duluan atau gak ) masak sampai matang bumbu meresap. Selamat mencoba hehehhee……

Unbake rainbow cheese cake

Setelah memendam rasa pengen maem cheese cake, per slice harganya yang lumayan mahal. Akhirnya aku putuskan untuk buat sendiri saja. Kalau buat sendiri kan jadinya banyak bisa puas aku makan hehehheh… Aku akhirnya pilih resep unbake cheese cakenya yeni ismayani, udah lumayan lama beli bukunya baru dipraktekkan nih. Pilih yang unbake dulu karena saya masih agak takut gatot dengan sistem au bain marie. Maybe next time mo nyobain dengan sistem au bain marie :D. Buat cake model apapun emang perlu ekstra sabar. Buat yang unbake gini aja harus bolak balik nyuci whisk :D. But worth it lah the taste is so good. The picture also so good :).


yang ini coba digabung-gabung gambarnya.