Klappertart

Lama sekali ya aku gak pernah posting apapun, rasa malasku tinggi banget plus disibukkan dengan terapi azza. Semoga ada hasilnya terapi azza, karena aku kejar target agar dia bisa sekolah ke sekolah normal. Alhamdulilah semakin hari semakin baik walau harus bertahap. Sempat juga buat klappertart lho aku, akhirnya buat juga hehehhe… Dessertnya orang Manado, yummy dan lembut banget. Enak banget lho dessert ini apalagi kalo disajikan dingin.

Klappertart

Klappertart
sumber : Tabloid Saji

Bahan :
400 ml susu cair
100 gr gula pasir
1/4 sdt garam
25 gr tepung maizena
40 gr tepung terigu protein sedang
20 gr margarin
2 butir telur dikocok lepas
1/2 sdt essence rhum ( aku gak pakai )
150 gr kelapa muda, dikeruk lebar
25 gr kenari, dicincang kasar ( aku pakai kacang almond )

Bahan taburan :
15 gr kismis, dipotong 2 bagian
15 gr kenari , dipotong-potong ( aku pakai kacang almond )
1/4 sdt kayumanis bubuk

Cara membuat :
1. Rebus 300 ml ( dari 400ml) susu cair, gula pasir, dan garam sambil diaduk sampai mendidih. Sisihkan.
2. Larutkan tepung maizena , tepung terigu, dan sisa susu cair. Tuang ke dalam rebusan susu. Masak sambil diaduk sampai meletup-letup. Angkat
3. Masukkan margarin. Aduk sampai licin. Tambahkan telur. Aduk rata, masukkan essens rhum, kelapa muda, dan kenari. Aduk rata.
4. Tuang di pinggan tahan panas diameter 18 cm ( bisa diatruh di cup alumunium foil ) yang dioles margarin.
5. Letakkan pinggan berisi adonan di loyang yang sudah diberi sedikit air. . Oven 20 menit dengan suhu 160 derajat celcius. Tabur kenari dan kismis. Oven lagi dengan suhu 160 derajar celcius selama 30 menit sampai matang.
6. Sajikan dengan taburan kayu manis bubuk yang banyak.

Banyak sekali versi resep klappertart , silahkan pilih yang menurutmu cocok dan mudah. Selamat mencoba ya teman-teman :).