Cake Krim Oreo

Belajar dekor-dekor sendiri maklum belum bisa kursus, jadi ‘learning by doing’ aja. Alhamdulilah kuenya jadi walaupun krimnya mletat mletot gak karuan alias gak rata. Ceritanya ditantangin suami untuk buat cake buat temennya yang ultah, jadi aku pilih Cake Krim Oreo aja, kayaknya kok enak ( padahal gak ikut ngerasain 😀 ), tapi kata temen-temen kantor suami rasanya enak, ok wes pokok e. Jadi ge er aku.

Untuk menutupi krim yang gak rata aku taburin aja biskuit oreo yang udah aku haluskan diatas kue. Jadi biar gak kelihatan gitu. Hiasannya masih seadanya, simple deh pokoknya. Ternyata capek juga ya buat cake sampai tahap finishing gini, tapi seneng kalo kuenya jadi. Makin semangat aku untuk belajar.

Untung aja pas buat cake, si Ezki gak bangun dan gak rewel jadi mamanya bisa belajar dengan tenang. Nah ini aku share resepnya ya, selamat mencoba.

Cake Krim Oreo
sumber Booklet Tabloid Saji

Bahan Cake :
4 butir telur
1/4 sdt garam
1/2 sdm emulsifier ( SP/TBM )
100 gr gula pasir
20 ml air
150 gr tepung terigu protein sedang
20 gr tepung maizena
15 gr susu bubuk
1/2 sdt baking powder
100 gr margarin, lelehkan
1/4 sdt essens vanila
biskuit coklat, dibuang krimnya untuk hiasan

Bahan Sirup ( aduk rata ) :
1 sdm gula pasir
1 sdm air panas
1/2 sdt essens rhum

Bahan Isi :
75 gr krim bubuk ( aku pake merk Haan )
150 ml air es
50 gr biskuit coklat tanpa krim, dicincang kasar

Bahan Toping ( kocok ) :
100 gr krim bubuk
200 ml air es

Cara Membuat :
1. Cake : kocok telur, garam,emulsifier, gula pasir, air, tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, dan baking powder sampai mengembang.
2. masukkan margarin leleh dan essens vanila sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
3. tuang di loyang diameter 22 cm, tinggi 4 cm yang dioles margarin dan dialsa kertas roti.
4. Oven 30 menit dengan suhu 180 derajat Celcius sampai matang. Belah 2 cake.
5. Isi : kocok krim bubuk dan air es sampai mengembang. Tambahkan biskuit coklat. Aduk sampai tersebar.
6. Ambil selembar cake. Oles dengan sirup. Oles lagi dengan isi. Tutup lagi dengan cake. Oles seluruh permukaan cake dengan toping. Semprot tanpa spuit atasnya dengan sisa toping . Hias dengan biskuit coklat.

Iklan

My Cake

Pingin belajar ngedekor cake untuk birthday, tadinya pinginnya buat Black Forest tapi harus ada dark cherry nih. Berhubung rumahku jauh dari supermarket jadi di cancel dulu aja buat Black Forestnya. Dirumah sudah ada bahan baku tepung terigu, Dark Cooking Coklat, dan margarin. Akhirnya aku putuskan untuk membuat Butter type cake aja deh. Menteganya aku ganti margarin :D,tapi rasanya tetep enak kok. Pinginnya menghias cakenya yang kayak punya temen-temen milis,yang sudah bagus,rapi dan indah. Tapi berhubung meja putar,spatula dan rak kawat belum punya, dihias mirip-mirip Black Forest aja deh,kan aku punya DCC :D. Coklat DCCnya aku serut pake ‘peeler’, trus butter cream aku oles-oles aja seadanya pake pisau dapur yang panjang. Tampilannya gak mengecewakan untuk pemula seperti saya dan rasanya juga ok. Setelah jadi diphoto, kupotong,masuk keperutku 😀 dan beberapa kue aku bagi-bagikan ke anak-anak kecil sekitar rumahku. Orang rumah kayaknya udah kenyang dengan cukup melihatnya saja, abis aku tiap minggu sekali buat kue sih ;). Maaf ya rada belepotan krimnya.

Butter Type cake cover ala Black Forest

Butter Type cake cover ala Black Forest


Cakenya dipotong

Cakenya dipotong