Bolu kukus green tea

Iseng-iseng browsing sana sini nyari resep bolu kukus green tea, finally nemu :). Langsung deh buat karena kebetulan ada stok green tea dirumah. Wangi green tea kuenya semerbak keseluruh rumah hehehhe.

Bolu Kukus Green Tea
sumber : dapur daniar, modified by atika

250 gr terigu, kurangi 1 sdt untuk diganti serbuk green tea
250 gr gula pasir
200 Ml air ( saya pakai susu cair biar tambah bergizi 😀 )
2 butir telur ukuran besar
1 sdt emulsifier
1 sdt green tea

Caranya :

1. Pansakan dandang yg sudah diisi air setengahnya alasi tutupnya dengan serbet

2.Kocok semua bahan jadi satu kecepatan no 2 selanjutnya kecepatan tinggi selama kurang lebih 8 menit, atau sampai mengental.

( Biasanya untuk bikin bolkus ini, ga pernah pake standing mixer, jadi di mixer tangan saja biar kerasa perbedaan berat adonan, kalau dirasa sangat berat sudah cukup, kalau adonan putih sampai seperti es krim )

3.Masukkan dalam cetakan yg sudah dialas paper cup ( kalau ga ada cetakan bolu kukus yg berlubang-lubang, menggunakan cetakan muffin satuaan pun tak apa asal isinya hampir penuh)

4. Masukkan dalam dandang yg sudah panas dan beruap, kukus kurang lebih 15 menit ( jangan dibuka-buka )

5. Setelah matang, angkat dan dinginkan di wire rack

Bolu Kukus ketan hitam

Biasanya bolu kukus bahannya dari tepung terigu saja. Nah kali ini dipadukan dengan tepung ketan hitam, jadilah bolu kukus ketan hitam :). Rasanya enak yang pasti. Mudah membuatnya kok, yang penting ikuti saja langkah-langkahnya dengan benar. Insyaallah gak kena kutukan bolu kukus deh. Tepung ketan hitamnya bisa kamu dapatkan di Carrefour ( aku dapat belinya disitu, sudah bentuk tepung merk Merbabu ) atau bisa kamu buat sendiri tepungnya alias menggiling ketan hitamnya di penggilingan tepung :D.

Bolu Kukus ketan hitam
sumber : Tabloid Saji

Bahan :
2 butir telur
1/4 sdt garam
200 gr gula pasir
1/2 sdm SP
225 gr tepung terigu protein sedang
50 gr tepung ketan hitam
1/2 sdt baking powder
sedikit pewarna ungu ( aku gak pakai karena gak ada :D)
225 ml minuman bersoda manis ( misal; Sprite )

Cara Membuat ;
1. Kocok telur, garam, gula pasir, dan SP sampai kaku 10 menit.
2. Tambahkan tepung terigu, tepung ketan hitam, dan baking powder sambil diayak bergantian dengan minuman bersoda sambil dikocok perlahan. Tambahkan pewarna ungu. Kocok rata.
3. Sendokkan adonan ke cetakan bolu kukus ukuran sedang yang sudah dilapisi kertas
4. Kukus dalam cetakan yang sudah dipanaskan 10 menit dengan api besar sampai matang.

Bolu kukus tiga rasa

Walaupun masih males-males dikit untuk posting blog, teteppp harus posting dong. Supaya tidak bertumpuk yang akan mengakibatkan jari-jari saya pegel ngetik :). Nyobain resep dari putih telur, setelah ubek-ubek buku resep akhirnya nemu juga ‘Bolu Kukus tiga rasa ‘. Aku sebenernya gak begitu ngerti kayak gimana hasilnya kue dari putih telur itu. Setelah coba kok rasa atau tekstur kue dari putih telur ini agak membal-mem,bal gitu ya, apa ya bilangnya? Pokoknya gak moist, lembut seperti brownies kukus atau kayak chiffon cake. Uhh bingung deh, apa aku yang salah kocok, udah putih lho adonannya pas ngocok.

Kayak gini nih resepnya

Bolu Kukus Tiga Rasa
sumber : Buklet Tabloid Saji

Bahan :
300 gr putih telur
1/4 sdt garam
1/2 sdm SP
150 gr gula pasir halus/gula castor
75 gr santan kental instan
150 gr tepung terigu segitiga biru
20 gr susu bubuk
1/2 sdt Baking powder
1/8 sdt esens pandan
2 tetes pewarna hijau
1/4 sdt coklat pasta
1/8 sdt esens vanila
2 tetes pewarna merah muda

Cara Membuat :
1. Koco putih telur, garam dan SP sampai setengah mengembang. Masukkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok dengan kecepatan tinggi sampai mengembang.
2. Tambahkan santan kental instan. Kocok rata. Maukkan tepung terigu, susu bubuk, dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata.
3. Ambil 1/3 bagian adonan. Masukkan esens pandan dan pewarna hijau. Aduk rata ( adonan 1 ). Tuang di loyang bulat diameter 20cm tinggi 7cm yang dialas kertas roti tanpa dioles margarin. Kukus 5 menit di atas api sedang.
4. Ambil 1/3 adonan. Tambahkan coklat pasta ( adonan 2 ). Aduk perlahan Tuang di atas lapisan 1. Kukus 5 menit di atas api sedang.
5. Tambahkan pewarna merah muda pada sisa adonan dan esens vanilla ( adonan 3 ). Aduk perlahan. Tuang di atas lapisan 2. Kukus lagi 10 menit sampai matang.

Kue atau Masakan yang kubuat

Ini nih kue-kue atau masakan yang aku buat. Ada yang jadi , ada pula yang gatot , kalo gatot aku sedihhhhhh….. Ya wes lah buat pelajaran ae 😀 ben tambah pinter…….


Ini kue Lapis Beras, resepnya aku pakai punya NCC. Kurang tinggi tapi gak papa tetep enak kok. Kalo buat lagi 1 resep hanya untuk loyang ukuran 18x8x7, lha aku tak jadiin 2 loyang makanya pendek.


Ada sisa macaroni dirumah jadilah macaroni panggang. Yang doyan macaroni cuma aku aja nih. Orang rumah merasa aneh dengan temannya Spagheti ini, spagheti aja dan aneka pasta yang lain aja gak doyan apalagi ini. Photonya jelekkk ternyata….


Ini Bolu Kukus gatot, sebagian sukses sebagian lagi bulat kayak bola golf. Padahal sebelumnya buat bolu kukus blueberry and cheese jadi lho. Lha ini nyoba lagi malah gatot. Biasanya aku buat bolu kukus yang pakai air soda dan ini coba-coba pakai air biasa gatot rekk…