Kue pukis keju

Coba -coba buat tradisional itu gak mudah ya. Nah kayak buat kue pukis keju ini dah, digigit kurang lembut gitu tidak seperti buatan ibuku. Gak tau kenapa nih :(. Tapi sih rasanya ya tetep enak aja,toppingnya aku tambahin coklat biar anakku tambah doyan makan.

Kue mangkok

Akhirnya sukses juga buat kue mangkok. Yippie… mekar bo….. gak mingkem lagi deh. Seneng percobaanku kali ini sukses deh hehehhehe….. Resep aku pakai punya NCC so silahkan browse webnya ya.

Tipsnya :
Dandang harus panas ya, taruh loyang kue mangkok tanpa dioles minyak dalam dandang kurang lebih 7 menit gitu deh. Trus tuang deh adonan kue mangkoknya. Semoga berhasil ya 🙂

Dadar gulung gula merah

Dadar gulung yang ini pesenan temenku. Isinya minta pake gula merah aja. Menurut dia aku buatnya terlalu kemanisan :D, ya lain kali aku kurangin deh gulanya. Rasanya enak, tapi kok kulitnya hampir mirip kayak kulit lumpia ya? Huhh buat kue tradisional itu bikin stress aja tau. Saya menggunakan resep yang ada di tabloid, padahal sebelumnya buat ma ibu pake resep tradisional gak pake takaran ini itu. Trus akhirnya aku telp ibuku, ‘ bu knp dadar gulungku kok kulitnya pecah? Ibu bilang tepungnya itu pake tepung beras dan tepung kanji, bukan terigu. Aku makin bingung deh dan mending nurut ibu saja deh ‘. Sepertinya yang membuat gagal juga karena adonan yang aku buat terlalu encer deh, jadinya kulitnya cepat sobek.
Jadi kalo buat dadar gulung menurut aku perhatikan hal-hal berikut :
1. Wajan teflon harus dalam keadaan mulus dan bagus, kalo ada goresan di wajannya bisa jadi sih bisa tapi ya itu adonannya agak nempel/lengket di wajan walaupun udah dioles minyak atau margarin.
2. Perhatikan resep benar2. Terus terang saya masih bingung dengan resep yang ada di tabloid, kenapa? karena orang2 di kampung saya adonannya pake tepung beras dan kanji, bukan tepung beras dan terigu. Saya masih nyari2 salah saya dimana heheheh :D.
3. Gunakan api kecil saja ya. Kalo aku, pada saat adonannya sudah jadi aku matiin kompor. Trus kalo mo naruh adonan lagi aku hidupin.
Kayak gini nih penampilan dadar gulungnya :D.

Resepnya kulitnya kayak gini nih :

Sumber Tabloid Saji
Bahan :
150 gr tepung beras
30 gr tepung terigu protein sedang
300 ml santan
50 ml air suji
1 butir telur
1/2 sdt garam
4 tetes pewarna hijau

Cara membuat :
1. Aduk rata bahan kulit. Buat dadar tipis di wajan dadar diameter 18 cm . Sisihkan.
2. Trus diberi isian deh :).

Klepon

Coba-coba buat yang tradisional, kupilih klepon aja karena masih ada sisa tepung ketan di rumah. Tapi percobaan hampir gatot, adonane jd encer bukannya kalis hehhehehe…. Gak habis akal dirumah cuma ada tepung beras ( tepung ketan no stok lagi, kanji juga gak ada ), yo wes pake itu aja ditambahin ke adonan sampe kalis. Akhirnya kalis juga, hasil jadi pas mateng rasanya jadi kenyel-kenyel gitu heheeee….. Yang penting jadi aja deh 😀

Kayak gini nih jadinya, kurang rapi but rasanya ok bangetsss.

Resep Klepon
Sumber : Sedap Pemula th 2006
Bahan :
250 gr tepung ketan
1/4 sdt garam
180 ml air hangat
25 ml air daun suji ( dari 20 lembar daun suji + 3 lembar daun pandan ), aku pake pasta pandan saja 😀
1/2 sdt air kapur sirih , aku gak pake di bali susyahh cari
2 tetes pewarna hijau tua

Bahan isi :
75 gr gula merah sisir halus

Bahan taburan :
150 gr kelapa muda parut kasar
1/4 sdt teh garam
2 lembar daun pandan

Cara membuat :
1. Kukus bahan taburan 10 menit sampai matang, sisihkan.
2. Aduk rata tepung ketan, garam, air hangat, air daun suji, air kapur sirih, dan pewarna hijau tua sambil diuleni sampai kalis.
3. Ambil sedikit adonan. Beri isi. Bulatkan.
4. Didihkan air. Rebus bola-bola ketan sampai terapung. Angkat.
5. Gulingkan dalam kelapa parut kukus.

Kue atau Masakan yang kubuat

Ini nih kue-kue atau masakan yang aku buat. Ada yang jadi , ada pula yang gatot , kalo gatot aku sedihhhhhh….. Ya wes lah buat pelajaran ae 😀 ben tambah pinter…….


Ini kue Lapis Beras, resepnya aku pakai punya NCC. Kurang tinggi tapi gak papa tetep enak kok. Kalo buat lagi 1 resep hanya untuk loyang ukuran 18x8x7, lha aku tak jadiin 2 loyang makanya pendek.


Ada sisa macaroni dirumah jadilah macaroni panggang. Yang doyan macaroni cuma aku aja nih. Orang rumah merasa aneh dengan temannya Spagheti ini, spagheti aja dan aneka pasta yang lain aja gak doyan apalagi ini. Photonya jelekkk ternyata….


Ini Bolu Kukus gatot, sebagian sukses sebagian lagi bulat kayak bola golf. Padahal sebelumnya buat bolu kukus blueberry and cheese jadi lho. Lha ini nyoba lagi malah gatot. Biasanya aku buat bolu kukus yang pakai air soda dan ini coba-coba pakai air biasa gatot rekk…

Weekend …………..

Liburan pengennya makan-makan enak, jadilah lontong sayur dengan telur petisnya, buat jus strawberry ( beli strawberry lumayan banyak di pasar candi kuning Bedugul ) sama buat kue lumpur dadar gulung . Alhamdulilah kenyang dan puas makan- makanan ndeso dan tradisional. Tapi lontongnya beli di tukang sayur, masih malas buat sendiri, hehehhe………