Kukis hias

Belajar menghias kue kering a.k.a kukis hias. Gampang-gampang susah, harus telaten, sabar. Hmm, pantesan kalo harganya juga lumayan mahal lho. Nilai hasil karyanya itu lho. Aku aja hampir gak sabaran, ya moody gitu lah. Walhasil ngerjain kukis hias ini aku kerjain 2 hari heheheh. Nunggu moodnya dateng. Alhamdulilah hasilnya gak mengecewakan, walaupun tidak sehalus buatan teman-teman milis yang lain. Tapi seneng hasil belajarku ini hasilnya bagus dan jadi, kuenya jadi dan royal icingnya juga sukses. Menyenangkan dan mengasyikkan lah kegiatan baking ini. I can’t live without baking ^_^.

Iklan

Siomay udang Ayam

Kali ini belajar buat Siomay, sebenarnya agak gagal dikit nih :D. Adonannya kok lembek, gak lembek banget tapi kalopun dikukus gak bakalan bisa hehehhe… Kebanyakan nyemplung air ato bahan yang masih dinginnnn aku cincang di chopper ya? Tapi yang penting sih tetep jadi. Tapi siomay jadi-jadian… Rasanya tetep enak kok. Sausnya pake saus sambal botolan saja, trus aku tambahin mayonaise juga ^^.

Browkus Coklat hantaran

Brownies kukus coklat yang ini kali ini untuk hantaran. Sebenarnya juga buat Cake pisang struesel, tapi gak sempat aku photo. Jadi ya browniesnya saja. Tampilannya masih polos saja kok, tapi rasanya yummy banget dan nyoklat. Sampe aku di jalan pas bawa brownies ini dipanggil-panggil ma anak-anak yang lagi main ( dasar jahil ), kalo pingin browniesku bilang dong dek ^_^.

browkus coklat yummy

It’s Bread Time

Sebenarnya aku ini parno banget sama dunia perotian, pokoknya apapun yang bau-bau ragi instan rasanya bakal jadi gagal total kalo buat deh. Emang sih kalo buat yang kue-kue pake ragi instan aku kadang gagal , kadang berhasil. Kalo buat gagal berarti kurang memperhatikan resep nih hehehhe, slebor. Nah yang kali ini berhasil nih :). Sueneng dong akuuuuuuu, heehheeee. Menul-menul pisan rotinya euy, jadinya aku makin pede deh.

Roti ayam jagung manis.
Resepnya kayak gini nih 😀
Sumber : TAbloid Saji th 2008
Bahan :

300 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein sedang
1 1/2 sdt ragi instan
75 gr gula pasir
15 gr susu bubuk
1 butir telur
200 ml air es
50 gr margarin
1 sdt garam

Bahan isi :
2 siung bawang putih
100 gr ayam giling
150 gr jagung manis pipil
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt pala bubuk
1/4 sdt kaldu ayam bubuk
1/2 sdm susu kental manis putih
100 ml air
1 sdt tepung maizena dan 1sdt air, dilarutkan untuk pengental
1 sdm margarin untuk menumis
25 gr tepung panir kasar untuk taburan diatas roti

Bahan olesan :
1 kuning telur
2 sdm susu cair

Cara membuat :
1. Roti : campur tepung terigu, ragi instan, gula pasir, dan susu bubuk. Aduk rata. Tambahkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Masukkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit.
Kempiskan adonan. Timbang masing-masing 30 gram. Bulatkan. Diamkan 10 menit.
Pipihkan. Beri isi. Bentuk bulat. Pipihkan sedikit. Letakkan di loyang yang dioles margarin. Diamkan 75 menit sampai mengembang.
2. Oles dengan bahan olesan. Tabur tepung panir kasar. Oven 12 menit dengan suhu 190 derajat celcius.
3. Isi : Panaskan margarin. Tumis bawang putih sampai harum. Masukkan ayam giling. Aduk sampai berubah warna. Tambahkan jagung manis. Aduk rata.
4. Masukkan air, garam, merica bubuk, pala bubuk, kaldu ayam bubuk, dan susu kental manis putih. Masak sampai mendidih.
5. Kentalkan dengan larutan tepung maizena.Masak sampai meletup-letup. Tambhakan seledri. Aduk rata. Dinginkan.

Brownies Kukus Pandan

Brownies kukus pandan yang ini buat tester, jadi ukuran kecil aja yang aku kasih 15×10. Moga aja ada yang order nih :). Kayak gini nih tampilan browniesku, manis kan??? hehehhehe iya dong harum pandan, lembut di mulut, aku beri topping keju, sebelumnya kuoles blueberry paletta dulu. Enyak..enyakkkk…


Sebelumnya kan aku pernah posting resep brownies kukus pandan juga. Nah kali ini aku mau posting lagi tapi beda resep, menurutku lebih lembut yang ini lho. Kalau tidak percaya coba saja :).
Resep ini aslinya Brownies kukus pandan coklat, aku modif gak pake coklat…

Brownies Kukus Pandan
sumber : variasi brownies kukus by Saji ( modified by tika )

Bahan :
6 kuning telur
3 putih telur
100 gr gula pasir
1 sdt SP
60 gr tepung terigu protein sedang
50 ml santan kental instan
1 sdm air suji ( dari 25 lembar daun suji dan 1/2 sdt air ) aku gak pake, pake pasta pandan saja.
4 tetes pewarna hijau ( gak pake sudah ada pasta pandan sih )
1/4 sdt garam
50 gr coklat masak putih, dilelehkan ( aku hangatkan santan kental instan trus potongan coklat aku masukkan, leleh deh tuh coklat, mudah kan. Cara sesat ala aku hehhehe )

Cara Membuat :
1. Kocok telur, gula pasir, dan SP sampai mengembang.
2. Tambahkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata.
3. Masukkan santan, air suji, pewarna hijau, dan garam sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
4. Tambahkan coklat masak putih leleh sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
5. Tuang adonan ke loyang 24x10x7cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti. Kukus kurang lebih selama 20 menit.

Kalo males buat call me aja ya teman :D.