Udang Sambal Tomat

Rasanya asem, manis, pedas menurut aku sih kayak gitu rasanya hihihii…. dapat resep dari milis NCC. Penampakannya kurang lebih kayak gini ya teman-teman.


Gimana?? Menggugah selera makan kan? Yuk di coba yukkk…..

Udang Sambal Tomat
sumber : Milis NCC
———————
Bahan :
250 gr udang
1 batang sereh keprek
5 lembar daun salam
1 sdt garam
100 ml air
2 sdm minyak sayur

Bumbu halus :
5 siung bawang merah
2 buah cabe merah besar
1 ruas jari kunyit
tomat secukupnya

Cara Membuat:
1. Panaskan minyak sayur, tumis bumbu halus sampai harum dan masukkan daun salam, sereh, garam dan air.
2. Masukkan udang, aduk perlahan-lahan sampai udang matang dan airnya meresap.
3. Sajikan dengan nasi hangat.

Selamat mencoba ya teman-teman.

Iklan

Brokus Coklat

Nyobain brokus nih aku, enak, nyoklat, kali ini pake resepnya SAJI Variasi Brownies Kukus.

Brownies Kukus Ekonomis
sumber Variasi Brownies Kukus
—————————–

Bahan :
50 gr margarin
50 gr coklat masak pekat, dipotong-potong
4 butir telur
100 gr gula pasir
1 sdt SP
60 gr tepung terigu protein sedang
20 gr coklat bubuk
1/2 sdt baking powder
1 sdm air
1/4 sdt garam
40 gr meises untuk taburan

Cara membuat :
1. Panaskan margarin. Matikan api. Tambahkan potongan coklat masak pekat. Aduk sampai coklat larut. Sisihkan.
2. Kocok telur, gila pasir, dan SP sampai mengembang.
3. Tambahkan tepung terigu, coklat bubuk, dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata.
4. Masukkan campuran margarin, air dan garam sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
5. Tuang setengah bagian ke loyang 24x10x7 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti. Kukus 10 menit dengan api sedang.
6. Tabur meises. Kukus 5 menit. Tuang sisa adonan. Kukus lagi 20 menit sampai matang.
7. Keluarkan dari loyang. Dinginkan diatas rak.

Tip :
Jangan menabur meises samapi kepunggung kue agar coklat tidak mengalir ke samping kue dan membuat brownies basah.

Cake Pisang Kopi

Ikut memeriahkan Banana Week ahhhh. Mumpung ada sisa pisang ambon dirumah, cari-cari resep di tabloid masak akhirnya aku pilih cake pisang kopi aja deh. Bahan-bahannya sudah tersedia di rumah, jadi gak perlu pergi ke TBK lagi. Buatnya mudah kok… yuk dicoba resepnya ya….

Cake Pisang Kopi

Sumber : Tabloid Saji edisi 95
—————————–

Bahan :
5 butir telur
100 gr gula pasir
1 sdt emulsifier
125 gr tepung terigu protein sedang
50 gr pisang ambon, haluskan
50 gr margarin, lelehkan
1 sdm air kopi ( dari 1 sdt kopi instan dan 1 sdm air panas )

Cara Membuat :
1. Kocok telur, gula pasir dan emulsifier sampai mengembang.
2. Tambahkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata.
3. Masukkan pisang ambon yang sudah dihaluskan, margarin leleh, air kopi, sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan ( aku tambahin potongan pisang diatas adonan cakenya :D).
4. Tuang dicetakan muffin besar yang dioles margarin ( aku gak punya 😀 jadi kutaruh diloyang bulat diameter 20 cm tinggi 7 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti).
5. Oven 20 menit dengan suhu 190 derajat celcius.

Kayak gini nih kurang lebih hasil jadinya :D.

Cup Cake Kukus Spekuk

Habis ubek-ubek resep dari Tabloid Saji yang aku jilid ( gak kerasa udh kujilid dari tahun 2006-2009 ) lumayan banyakkkkkk, my precious one :). Coba resep cup cake kukus ini, soalnya gampang sih.

Nih resepnya ………

Cup Cake Kukus Spekuk
sumber : Tabloid Saji edisi 77

Bahan:
4 butir telur
125 gr gula pasir
75 gr tepung terigu protein sedang
25 gr coklat bubuk
15 gr tepung maizena
1 sdt bumbu spekuk
2 sdm susu cair
50 gr margarin, lelehkan
1 sdt coklat pasta
25 gr kenari, dipotong panjang untuk taburan

Cara Membuat :
1. Kocok telur dan gula sampai mengembang.
2. Tambahkan tepung terigu, coklat bubuk, tepung maizena, dan bumbu spekuk sambil diayak dan diaduk rata.
3. Masukkan campuran susu cair, margarin leleh, dan coklat pasta sambil diaduk perlahan.
4. Tuang kedalam cetakan oval / loyang cup cake yang dialas cup kertas. Tabur kenari. Kukus 10 menit sampai matang.

Jadinya cuma dikit sih, aku buat cuma jadi 9 buah saja :D.

Kurang lebih kayak gini nih hasilnya………

Brownies Kukus Pandan Keju

Nyoba-nyoba resep Brokus model lain, kupilih Brokus pandan keju, soalnya masih punya sisa keju sih. Dan juga pingin banget buatin kue buat suamiku yang baru pulang dari Makassar. Walau bahan-bahannya gak komplet sesuai resep, yang penting kuenya jadi euy…. Walaupun kurang moist gara-gara margarinnya kurang 😦 ( Gak 200 gr sesuai resep ).


Resepnya ntar dulu yah, bayinya ribet nih 😀 .
Resep ini kudapat dari blog siapa aku lupa, udah lama sih, soalnya keburu-buru nyatet takut tagihan Speedy membengkak.
Ijin repost ya mbak yang punya resep ini.

Brokus Pandan Keju

Bahan :
200 gr Terigu protein sedang
1 sdt Baking Powder
4 Butir telur
150 gr Gula Pasir
1/2 sdm SP/TBM
200 gr Margarin, lelehkan
75 gr Keju Cheddar, parut
Pasta pandan secukupnya

Cara Membuatnya :
1. Panaskan dandang, olesi loyang dengan margarin dan dialasi kertas roti.
2. Ayak terigu, tambahkan Baking Powder, sisihkan.
3. Kocok telur, gula dan SP hingga kental dan mengembang.
4. Masukkan campuran terigu dan margarin leleh secara bergantian sambil diadul hingga rata.
5. Badi adonan 2 bagian, 1 bagian yanga agak banyak adonannya diberi pasta pandan, trus 1 bagian adonan yang sedikit diberi keju parut.
6. Tuang 1/2 bagian adonan yang diberi pasta pandan, kukus 10 menit. Kemudian tuang adonan yang diberi keju, kukus kembali selama 10 menit. Terakhir tuang 1/2 bagian sisa adonan yang diberi pasta pandan, kukus selama 30 menit.
7. Kalo sudah matang sajikan.

Cake Krim Oreo

Belajar dekor-dekor sendiri maklum belum bisa kursus, jadi ‘learning by doing’ aja. Alhamdulilah kuenya jadi walaupun krimnya mletat mletot gak karuan alias gak rata. Ceritanya ditantangin suami untuk buat cake buat temennya yang ultah, jadi aku pilih Cake Krim Oreo aja, kayaknya kok enak ( padahal gak ikut ngerasain 😀 ), tapi kata temen-temen kantor suami rasanya enak, ok wes pokok e. Jadi ge er aku.

Untuk menutupi krim yang gak rata aku taburin aja biskuit oreo yang udah aku haluskan diatas kue. Jadi biar gak kelihatan gitu. Hiasannya masih seadanya, simple deh pokoknya. Ternyata capek juga ya buat cake sampai tahap finishing gini, tapi seneng kalo kuenya jadi. Makin semangat aku untuk belajar.

Untung aja pas buat cake, si Ezki gak bangun dan gak rewel jadi mamanya bisa belajar dengan tenang. Nah ini aku share resepnya ya, selamat mencoba.

Cake Krim Oreo
sumber Booklet Tabloid Saji

Bahan Cake :
4 butir telur
1/4 sdt garam
1/2 sdm emulsifier ( SP/TBM )
100 gr gula pasir
20 ml air
150 gr tepung terigu protein sedang
20 gr tepung maizena
15 gr susu bubuk
1/2 sdt baking powder
100 gr margarin, lelehkan
1/4 sdt essens vanila
biskuit coklat, dibuang krimnya untuk hiasan

Bahan Sirup ( aduk rata ) :
1 sdm gula pasir
1 sdm air panas
1/2 sdt essens rhum

Bahan Isi :
75 gr krim bubuk ( aku pake merk Haan )
150 ml air es
50 gr biskuit coklat tanpa krim, dicincang kasar

Bahan Toping ( kocok ) :
100 gr krim bubuk
200 ml air es

Cara Membuat :
1. Cake : kocok telur, garam,emulsifier, gula pasir, air, tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, dan baking powder sampai mengembang.
2. masukkan margarin leleh dan essens vanila sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
3. tuang di loyang diameter 22 cm, tinggi 4 cm yang dioles margarin dan dialsa kertas roti.
4. Oven 30 menit dengan suhu 180 derajat Celcius sampai matang. Belah 2 cake.
5. Isi : kocok krim bubuk dan air es sampai mengembang. Tambahkan biskuit coklat. Aduk sampai tersebar.
6. Ambil selembar cake. Oles dengan sirup. Oles lagi dengan isi. Tutup lagi dengan cake. Oles seluruh permukaan cake dengan toping. Semprot tanpa spuit atasnya dengan sisa toping . Hias dengan biskuit coklat.